Cerpen: "Jaring-Jaring Merah" karya Helvy Tiana Rosa

Photo by Tim Marshall on Unsplash

Apakah kehidupan itu? Cut Dini, temanku, selalu saja marah bila mendengar jawabanku: Hidup adalah cabikan luka. Serpihan tanpa makna. Hari-hari yang meranggas lara.
Ya, sebab aku hanya bisa memendam amarah. Bukan, bukan pada rembulan yang mengikutiku saat ini atau pada gugusan bintang yang mengintai pedih dalam liang-liang diri. Tetapi karena aku tinggal sebatas luka. Seperti juga hidup itu.
Dan kini hari telah semakin gelap. Aku tersaruk-saruk berjalan sepanjang tiga kilometer dari Seurueke, menuju Buket Tangkurak, bebukitan penuh belukar dan pepohonan ini. Dadaku telah amat sesak, tetapi langkahku makin kupercepat. Lolong anjing malam bersahut-sahutan, seiring darah yang terus menetes dari kedua kakiku. Perih. Airmataku berderai-derai.

“Ugh!”

Aku tersandung gundukan tanah. Dalam remang malam, kulihat dua ekor anjing hutan mengorek-ngorek sesuatu, dan pergi sambil menyeret potongan mayat manusia. Mereka menatapku seolah aku akan berteriak kengerian.
Ngeri?
Oi, tahukah anjing-anjing buduk itu, aku melihat tiga sampai tujuh mayat sehari mengambang di sungai dekat rumahku! Aku juga pernah melihat Yunus Burong ditebas lehernya dan kepalanya dipertontonkan pada penduduk desa. Aku melihat orang-orang ditembak di atas sebuah truk kuning. Darah mereka muncrat ke mana-mana. Aku melihat tetanggaku Rohani ditelanjangi, diperkosa beramai-ramai, sebelum rumah dan suaminya dibakar. Aku melihat saat Geuchik Harun diikat pada sebuah pohon dan ditembak berulangkali. Aku melihat semua itu! Ya, semuanya. Juga saat mereka membantai … keluargaku, tanpa alasan.

Ffffffhuuih, kutarik napas panjang. Jangan menangis lagi, Inong! Kering airmatamu nanti. Meski lelah, lebih baik meniru anjing-anjing itu.

Aku merangkak dan maju perlahan. Dengan tangan kosong kuraup gundukan tanah me­rah di hadapanku. Terus tanpa henti kugunakan kedua cakar tangan ini. Keringatku meng­u­cur deras, wajah dan badanku terkena serpihan tanah merah. Sedikit pun tak kuhiraukan bau bang­kai manusia yang menyengat hidung.
Tiba-tiba tanganku meraba sesuatu. Kudekatkan benda dingin itu ke mukaku. Tulang. Ba­nyak tulang. Cakarku terus menggali. Kutemukan beberapa tengkorak, lalu remah-remah da­ging manusia. Ah, di mana? Di mana tangan kurus Mak? Mana jari manis dengan cincin khas itu? Juga cincin tembaga berbatu hijau dan arloji tua yang dikenakan ayah saat orang-orang bersenjata itu membawanya dalam keadaan luka parah. Di mana? Di mana tangan-tangan mereka? Di mana tulang-tulang mereka di tanam? Di mana wajah tampan Hamzah? Yang mana tengkoraknya?

Sekujur tubuhku gemetar menahan buncahan duka. Aku menggali, terus menggali. Hing­ga aku semakin lemas dan akhirnya kembali terisak pilu. Meratapi orang-orang yang kukasihi, yang beberapa waktu lalu digiring ke bukit ini.
Sssssssttt!
Tiba-tiba, di antara suara serangga malam, kupingku mendengar langkah-langkah orang. Sepatu-sepatu lars yang menginjak ranting dan daun kering. Mereka menuju ke arahku!
Aku harus menyanyi. Ya, menyanyi nyaring, dengan iringan dawai kepedihan dari sanubari sendiri.
“Perempuan gila itu!” suara seseorang gusar.
“Sayang, dulu ia cantik…,” ujar yang lain.
“Ya, juga sangat muda. Ah, sudahlah, biarkan saja,” kata yang ke tiga. “Ia tak berbahaya. Hanya tertawa dan menangis. ”
Aku pura-pura tidak mendengar perkataan si loreng-loreng itu. Mereka gila karena mengira aku gila. Tak tahukah mereka bahwa aku tak menyanyi sendiri? Aku bernyanyi bersama bulan, awan dan udara malam. Bersama desir angin, burung hantu dan lolong anjing hutan. Bersama bayangan Ayah, Mak, Ma’e dan Agam. Kami menyanyi, kami menari bungong jeumpa. Lalu aku tersenyum malu, saat Hamzah yang telah meminangku, melintas di depan rumah dengan sepedanya. Dahulu. Ya, dahulu….

***
“Inong….”
Aku menggeliat. Cahaya mentari masuk dari celah-celah bilik. Hangat. Ah, di mana aku? Dipan ini penuh kutu busuk. Berarti…,ya, aku di rumah. Aku bangkit, mencoba duduk.
“Dari mana, Inong? Aku mencarimu seharian. Ureung-ureung menemukanmu di tepi jalan ke Buket Tangkurak, subuh tadi.

Kutatap seraut wajah dalam kherudoung putih di hadapanku. Cut Dini. Tangannya lembut membelai kepalaku.

“Aku cuma jalan-jalan. Aku tidak mengganggu orang,’ jawabku sekenanya.
“Aku tahu. Kau anak baik. Kau tak akan mengganggu siapa pun…, tetapi jangan pergi ke bukit itu atau bahkan ke rumoh geudong lagi. Berbahaya. Lagi pula kau seorang muslimah. Tidak baik pergi sendirian,” kata Cut Dini sambil memberiku minum.

Kugaruk-garuk kepalaku. “Therimoung… ghaseh…,” kuteguk minuman itu.

Cut Dini. Ia sangat peduli. Matanya pun selalu menatapku penuh pancaran kasih.
Aku kembali merebahkan badan di atas dipan. Sebenarnya aku tak tahu banyak tentang Cut Dini. Aku belum begitu lama mengenalnya. Orang-orang bilang ia anggota …apa itu … LSM? Juga aktivis masjid. Ia kembali ke Aceh setelah tamat kuliah di Jakarta. Dan … cuma dia, di antara para tetangga, yang sudi berteman denganku. Ia memberiku makan, memperhatikanku, menceritakan banyak hal. Aku senang sekali.
Dulu, setelah keluargaku dibantai dan aku dicemari beramai-ramai, aku seperti terperosok dalam kubangan lumpur yang dalam.  Sekuat tenaga kucoba untuk muncul, menggapai-gapai permukaan.  Namun tiada tepi.  Aku tak bisa bangkit, bahkan menyentuh apa pun, kecuali semua yang bernama kepahitan.  Aku memakan dan meminum nyeri setiap hari.  Sampai aku bertemu Cut Dini dan bisa menjadi burung.  Segalanya terasa lebih ringan.
Tetapi tetap saja aku senang berteriak-teriak.  Aku melempari atau memukul orang-orang yang lewat.  Hingga suatu hari orang-orang desa akan memasungku. Kata mereka aku gila! Hah, dasar orang-orang gila! Cut Dini-lah yang melarang. Cut Dini juga yang mengingatkanku untuk mandi dan makan. Ia menyisir rambutku, mengajakku ke dokter, ke pengajian, atau sekedar jalan-jalan.
“Baju yang koyak itu jangan dipakai lagi,” kata Cut Dini suatu ketika.
“Aku suka,” kataku pendek. “Ini baju yang dijahitkan Mak. Aku memakainya ketika orang-orang jahat itu datang.”
“Itu baju yang tak pantas dilihat. Nanti orang-orang itu bisa menyakitimu lagi,” katanya pelan.
Kupandang baju ungu muda di tanganku. Tangannya koyak, ketiaknya juga. Lalu di dekat perut, di belakang…, bahkan ada sisa-sisa darah kering di sana.
“Aku ingin memakainya,” lirihku. “Apa aku gila?” tanyaku.
Cut Dini menatap bola mataku dalam. “Menurutmu?”
Aku menggeleng kuat-kuat. Menggaruk-garuk kepalaku.
“Kau sakit. Kau sangat terpukul,” ujar Cut Dini. Kulihat ia menggigit bibirnya sesaat. Lalu dengan cekatan membungkus baju itu dengan koran.
Aku mengangguk-angguk. Terus mengangguk-angguk, sambil menggoyang-goyangkan kedua kakiku. Aku suka membantah orang, tetapi tidak Cut Dini.
“Sudahlah.”
Lalu seperti biasanya Cut Dini mengambil Al Quran mungilnya dan membacanya deng­an syahdu. Suaranya kadang berubah. Aku seperti mendengar Hamzah mengaji—lewat pe­nge­ras suara—di musala.
Ah, meski tak mengerti, aku ingin menangis setiap mendengar bacaan Al Quran.
***
Siang itu aku sedang menjadi burung. Aku terbang tinggi dan kadang menukik seketika. Aku hinggap di ranting-ranting pohon belakang dan mematuki buah-buah di sana. Huh, se­mu­anya busuk. Aku jadi ingin marah. Bagaimana kalau kucuri saja topi-topi merah si loreng dan kubakar. Hua…ha…ha, aku tertawa gelak-gelak.
“Siapa kalian?” tiba-tiba kudengar suara Cut Dini bergetar, di ruang tamu yang merangkap kamar tidurku.
Aku terbang dan hinggap pada meja kusam di samping rumah, lalu mengintip ke dalam le­wat jendela yang rapuh. Dua lelaki tegap dengan rambut cepak menyodorkan sesuatu pada Cut Dini.
“Kami orang baik-baik. Kami hanya ingin memberikan sumbangan sebesar lima ratus ri­bu rupiah pada Inong.“
Aku nyengir. Lima ratus ribu? Horeeee! Apa bisa buat beli sayap?
“Kami minta ia tidak mengatakan apa pun pada orang asing. Ia atau bisa saja anda seba­gai walinya menandatangani kertas bermaterai ini.”
Cut Dini membaca kertas itu. Kulihat wajahnya marah. Mengapa? Kugerak-gerakkan kepalaku menatap mimiknya, lebih lekat dari jendela.
“Tidak!! Bagaimana dengan pemerkosaan dan penyiksaan selama ini, penjagalan di rumoh geudong, mayat-mayat yang berserakan di Buket Tangkurak, Jembatan Kuning, Sungai Tamiang, Cot Panglima, Hutan Krueng Campli…dan di mana-mana!” suara Cut Dini meinggi.  “Lalu perkampungan tiga ribu janda, anak-anak yatim yang terlantar…, keji that! Tidak!”

Kedua orang itu tampak gugup dan sesaat saling berpandangan.  “Kami hanya menindak  para GPK.  Ini daerah operasi militer.  Kami menjaga keamanan masyarakat.”
“Oh ya?” nada Cut Dini sinis.  “Kenyataannya masyarakat takut pada siapa? Dulu, banyak yang terpaksa menjadi cuak, memata-matai dan menganggap teman sendiri sebagai pengikut Hasan Tiro dari Gerakan Aceh Merdeka. Tetapi sekarang semua usai. Tak ada tempat bagi orang seperti kalian di sini.”

“Sudahlah, ambil saja uang ini buat anda. Lupakan saja gadis gila itu.”
Apa? Gadis gila?? Kukepakkan sayapku dan menukik ke arah dua lelaki itu. Kulempar mereka dengan apa pun yang kutemui di meja dan di lantai. Aku berlari ke dapur, dan kembali menimpuki mereka dengan panci dan penggorengan. Mereka berteriak-teriak seper­ti anak kecil dan berebutan keluar rumah. Pasti itu ayah orang yang memperkosaku! Pasti ia te­man para pembunuh itu! Pasti mereka orang-orang gila yang suka menakut-nakuti or­­­ang! Paling tidak mereka cuak! Aku benci cuak!

“Inong….”
Aku berhenti melempar. Aku berhenti jadi burung ajaib. Orang-orang itu kini hanya titik di kejauhan.
“Masya Allah, nanti perabotan itu rusak,” suara Cut Dini, tetap lembut.
 “Benahi yang rapi lagi, ya. Aku mau shalat Lohor dulu,” katanya.
“Mengapa aku tak pernah diajak shalat?” protesku. “ Dulu aku shalat bersama keluargaku, sebelum aku bisa jadi burung,” tukasku.
“Jangan menjadi burung, bila ingin salat seperti manusia,” kata Cut Dini tersenyum.
***
“Keluar, Zakariaaa! Keluar! Atau kami bakar rumah ini!!”
Aku terbangun dan mengucek kedua mataku. Ada apa? Pintu rumah kami digedor-gedor. Ayah berjalan ke arah pintu diikuti Mak. Lalu Ma’e dan Agam, abang dan adikku.
Ketika pintu dibuka, tiba-tiba saja Ayah diseret keluar, juga Agam dan Ma’e! Beberapa orang mengangkat Mak dan membawanya pergi! Sebelum aku berteriak, beberapa tangan kekar merobek-robek bajuku! Aku meronta-ronta. Kudengar Ayah tak putus berdzikir. Dzikir itu lebih mirip jeritan yang menyayat hati.
“Ini pelajaran bagi anggota GPK!” teriak seorang lelaki berseragam. Kurasa ia seorang pemimpin.  “Zakaria dan keluarganya membantu anak buah Hasan Tiro sejak lama!”
Warga desa menunduk. Mereka tak mampu membela kami. Dari kejauhan kulihat api berkobar. Puluhan orang ini telah membakar beberapa rumah!
“Jangan ada yang menunduk!”
Aku gemetar mendengar bentakan itu.
“Ayo lihat mereka. Kalian sama dengan warga Mane … bekerjasama dengan GPK!” suaranya lagi.

“Kami bukan GPK!”suara Ma’e.
“Lepaskan mereka. Kalian salah sasaran!” Ya Allah, itu suara Hamzah!
“Angkut orang yang bicara itu!”
Aku melihat Hamzah dipukul bertubi-tubi hingga limbung, lalu…ia diinjak-injak! Dan diseret pergi. Airmataku menderas.
“Siapa lagi yang mau membela?” tantang lelaki penyiksa itu pongah.
“Kami tidak membela, mereka memang bukan orang jahat,” suara Geuchik Harun. “Pak Zakaria hanya seorang muadzin. Jiibandum ureung biasa.” Samar-samar kulihat kepala desa kami itu diikat pada sebatang pohon.

Serentetan tembakan segera menghunjam tubuh Geuchik Harun, lalu Ma’e abangku! Aku histeris. Tak jauh, kulihat Agam tersungkur dan tak bergerak lagi, lalu Ayah yang berlumuran darah! Tangan-tangan kekar menyeret mereka ke arah truk.

“Bawa mereka ke bukit dekat jalan buntu! Juga gadis itu!”
Aku meronta, menendang, menggigit, mencakar, hingga aku letih sendiri. Dan aku tak ingat apa-apa lagi, saat tak lama kemudian, nyeri yang amat sangat merejam-rejam tubuhku!
“Aaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa!”aku berteriak sekuat-kuatnya.
“Astaghfirullah, Inong! Inong, bangun!” dua tangan menggoncang-goncang badanku.
Airmataku menganak sungai, tetapi aku tak bisa bangun, sebab aku berada di dalam jaring! Banyak orang-orang sepertiku di sini, di dalam jaring-jaring merah ini.
“Inong, istighfar….”

Tangan-tangan raksasa itu mengayun-ayunkan jaring. Aku dan kumpulan manusia di sini berjatuhan ke sana kemari. Kami tak bisa keluar dari sini! Tolong! Toloooooong! Di mana sayapku? Di mana? Di mana tangan Mak dengan cincin khas di jari manisnya? Aku ingin menggenggamnya. Di mana Ayah, Agam dan Ma’e? Di mana wajah saleh milik Hamzah? Di mana tengkoraknya?

Tangan-tangan raksasa itu menggerakkan jaring ke sana kemari. Aku jatuh lagi. Merah. Silau. Pusing. Pedih. Wajah-wajah dalam jaring pias. Wajah-wajah itu retak, terkelupas dan berdarah. Aku menjerit-jerit dalam perangkap. Di mana sayapku? Aku ingin terbang dari sini! Oiiii, tolong ambilkan sayapku! Aku ingin pindah ke awan! Di tanah kebanggaanku hanya tersisa nestapa!!
Tak ada yang mendengar. Sebuah pelukan yang sangat erat kurasakan. Lalu airmata seseorang yang menetes-netes dan bercampur dengan aliran air di pipiku.
“Allah tak akan membiarkan mereka, Inong! Tak akan! Kau harus sembuh, Inong! Semua sudah berlalu. Peristiwa empat tahun lalu dan rezim ini. Tegar, Inong! Tegar! Laa haula walaa quwwata illa billah….
Kabur. Samar kulihat Cut Dini. Wajah tulus dengan kerudung putih itu. Ia mengusap airmataku.
Lalu tak jauh di hadapanku, kulihat beberapa orang. Di antaranya berseragam. Tiba-tiba takutku naik lagi ke ubun-ubun. Aku menggigil dan mendekap Cut Dini erat-erat.
“Ia hanya satu dari ribuan korban kebiadaban itu, Pak. Tolong, beri kami keadilan. Bapak sudah lihat sendiri. Oknum-oknum itu menjarah segalanya dari perempuan ini!”
Takut-takut kuintip lelaki tegap yang sedang menatapku ini. Apakah ia membawa jaring-jaring untuk menangkapku lagi?
“Pergiiiii! Pergiiii semuaaaa!” teriakku. “Pergiiiiiiii!” aku menjerit sekuat-kuatnya. "Pergiiiiii!” Aku menceracau.  Sekujur badanku bergetar, terasa berputar.  Orang-orang ini tersentak, menatapku kasihan.  Hah, apa peduliku?! Aku ingin berteriak, mengamuk, memporakporandakan apa dan siapa pun yang ada di hadapanku! Aku…
Tiba-tiba suaraku hilang. Aku berteriak, tak ada suara yang keluar. Aku menangis tersedu-sedu, tak ada airmata yang mengalir.  Aku mengamuk panik, tetapi kaku. Aku mencari bunyi, mencari bening, mencari gerak. Tak ada apa pun. Cuma luka nganga.
“Inong…, mereka akan membantu kita….”
Aku terkapar kembali. Menggelepar.  Berdarah dalam jaring.
***
Cipayung, Juli 1998
Majalah Horison, April, 1999
Cerpen ini  dinobatkan sebagai salah satu cerpen terbaik Horison selama sepuluh tahun terakhir (1990-2000).
Dari Buku Lelaki Kabut Dan Boneka, Syaamil 2002


Referensi:

  • Data yang diterbitkan oleh Forum LSM Aceh, 5 Agustus 1998.
  • Gatra, Republika, Terbit, Kompas ( semua terbitan Agustus 1998).
  • Buletin Kontras no 1/Agustus 1998.

Daftar istilah:
  • Buket Tangkurak : Bukit Tengkorak
  • Geuchik : Kepala Desa
  • Cuak : orang yang jadi mata-mata tentara
  • Ma’e : panggilan untuk Ismail
  • Mak : Mak
  • Rumoh geudong : rumah gedung (tempat penjagalan)
  • Mane : nama desa di Pidie
  • Ureung-ureung : orang-orang
  • That : sekali
  • Ulon hana teupheu sapheu : saya hanya orang biasa
  • Therimoung ghaseh : terima kasih
  • Kherudoung : kerudung


Komentar

  1. Kita harus tetap berani mempertahankan diri jika kita benar walaupun nyawa taruhannya.

    Dalam menghadapi cobaan kita harus tegar dan berserah diri kepada Allah.

    Cut Dini.

    BalasHapus
  2. Cerpen ini menceritakan tentang Inong, korban kebiadaban sebuah peristiwa yang terjadi 4 tahun yang lalu. Seluruh keluarganya di bunuh, semua yang membela keluarganya tak berujung manis. Ia satu satunya yang berhasil bertahan hidup dari kekejaman masa lalu. Semua orang menganggapnya gila karena ia masih hidup dalam bayang bayang masa lalu. Namun, tidak dengan Cut Dini. Ia membantu dan merawat Inong dengan tulus, berharap Inong bisa sembuh dan mengikhlaskan apa yang terjadi di masa lalu. (tambahan, Inong bisa berubah menjadi burung?)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Inong tidak berubah menjadi burung, itu halusinasi dia sebagai orang "gila" atau sebagai korban trauma, dia tidak benar-benar menjadi burung, itu hanya perumpamaan, atau kiasan dari kata "bebas" misalnya karena burung punya sayap, sementara Inong kan manusia, dan dia berhalusinasi ingin seperti burung itu karena dia terkurung di jaring-jaring merah, dia ingin lepas terbang seperti burung.

      Ini ulasan siapa ya? Alissa or siapa? Tak ada keterangan nama?

      Hapus
    2. Oke Aul, terima kasih yaaaa...

      Iya Alissa, gpp, semangat yaaa πŸ’ͺ🏻πŸ’ͺ🏻πŸ’ͺ🏻

      Hapus
  3. Hidup itu tidak hanya tentang sebuah rasa sakit dan juga carikan luka . Kita selalu berfikir bahwa masa lalu adalah hal yg sangat mengancam masa depan kita. Namun itu tidaklah benar adanya. Kita boleh saja bersedih, namun jangan sampai berlarut-larut dalam kesedihan. Lupakan masa lalu kelam yang bisa membuat masa depan kita menjadi semakin suram. Dengan mencoba hal baru, memperbaiki diri,kita bisa melewati segalanya. Perbanyak beribadah agar hati tetap tenang dan tentram. (-Dien Fitria NR)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oke Dien, terima kasih ulasannya. Sangat inspiratif.

      Hapus
  4. Terpuruk, trauma, depresi dan semacamnya, mungkin untuk beberapa orang itu hal yang wajar, krna pertahanan mental setiap orang beda2. Tetapi kita tidak boleh berlama lama jatuh dalam keterpurukan, karena itu hanya membuangbuang masa, dan semuanya hanya sia - sia. Tapi apabila kita punya pertahanan mental yang kuat, mungkin kita tidak mudah untuk down. Beribadah, berdzikir pun termasuk pertahanan mental agar kita selalu mengingat Allah, dan percaya akan qadha dan qadar-Nya dengan memahami hikmah dibalik kejadian/peristiwa.

    Menurut saya, tokoh yang mempunyai andil besar adalah Cut Dini. Karena ia adalah sosok yang baik, paling bisa mengerti keadaan inong,mengerti bagaimana cara menghadapi inong dengan kesabarannya, dan dia satu2nya orang yang selalu ada ketika inong terpuruk.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ulasannya Feyza mantap! Paling lengkap, ada pesan dan tokoh yang memiliki andil besar beserta alasannya. Mantap bana!

      Hapus
  5. Being broke is part of journey,
    Staying broke is a f*cking choice
    -Muhammad Owner Rahmanifal-

    BalasHapus
    Balasan
    1. Owner pakai bahasa Indonesia πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      Hapus
  6. Orang-orang berpakaian loreng itu telah melakukan kekejaman sehingga Inong mendapat trauma dan menjadi gila. Namun,Cut Dini malah berbaik hati merawat Inong dan berasaha dengan sekuat mental dan tenaga untuk menyembuhkan Inong dari trauma 4 tahun silam
    -Muhammad Owner Rahmanifal-

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oke Owner makasih yaaa πŸ‘πŸ»πŸ‘πŸ»πŸ‘πŸ»

      Hapus
  7. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alissa gimana, udah bisa blm??? Mudah-mudahan udah bisa ya di-posting comment-nya, semangat πŸ’ͺ🏻πŸ’ͺ🏻πŸ’ͺ🏻

      Hapus
  8. amanat yg saya dapat dalam cerpen ini ialah; kita harus terap tegar dalam menghadapi segala cobaan, tidak peduli dgn tanggapan2 keji dari orang lain seperti tokoh aku (inong) yg disangka gila oleh masyarakat, padahal sesungguhnya dia hanya trauma dan dendam dengan apa yang terjadi oleh keluarganya. untungnya, inong dapat bertemu dengan cut dini, yg mempunyai andil besar dalam cerpen ini. hanya dialah yg ada untuk inong, yang masih peduli dan memberikan kepercayaan dan kasih sayangnya dengan tulus. satu satunya orang yang bisa membuat inong menjadi ‘burung’.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mantap. Ulasannya oke, lengkap. Terima kasih Alissa.

      Hapus

Posting Komentar

sematkan komentar di blog ini

Postingan populer dari blog ini

AYAT-AYAT PEDUSUNAN (Telaah Puisi "Cipasung" Karya Acep Zamzam Noor)

First Making Love of Etaqi

Sabar, Rajin Shalat, dan Tekun Beribadah merupakan Bagian dari Tujuan Pendidikan dalam Islam